RSS

Tugas Karya Ilmiah Peluang Bisnis Kuliner STMIK Amikom Yogyakarta


ABSTRAK
Karya ilmiah ini berjudul “PELUANG BISNIS KULINER” yang bertujuan memberi
gambaran tentang pengertian bisnis kuliner, hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis kuliner, dan berbagai macam contoh bisnis kuliner bermodal kecil. Hasil menunjukkan bahwa bisnis kuliner adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dibidang kuliner yang media pemasaranya bisa secara online maupun offline. Bisnis kuliner tidak harus diawali dengan modal besar bisa saja kita memulai dengan menjadi reseller jadi kita bisa membayar barang ketika pembeli sudah memberi uang kepada kita. Bisnis ini cocok untuk mahasiswa mempunyai banyak teman yang sering tergabung dalam suatu organisasi jadi kita dapat menjual barang kepada mereka.

Bisnis kuliner merepakan salah satu jenis bisnis yang paing bayak peminatna. Harus diakui, bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ini sehingga menghadiran beragam pilihan bagi pelanggan. Namun tidk semua orang yang menggeluti bisnis ini dapat bertahan lama. Hanya orang-orang yang bekerja keras yang dapat bertahan.
Tidak hanya itu, kreatifitas dan inovasi juga diperlukan dalam menggeluti usaha ini. Denan kompetisi dunia kuliner yang semakin ketat para penggelut bisnis kuliner juga harus lebih kreatif lagi. Bagi anda yang merupakan pemula di bisnis kuliner, beberapa hal yang akan dibahas dikarya ilmiah ini harus anda perhatikan untuk mendapat kesuksesan

PEMBAHASAN
1.Pengertian Bisnis Kuliner
Bisnis Kuliner adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dibidang kuliner bis berupa makanan ataupun minuman. Pemasaran bisnis ini tidak harus terpatok dengan menyewa suatu tempat dan tidak berpindah kemana-mana. Di era modern seperti sekarang ini bisnis kuliner dapat juga pasarkan lewat media online sehingga lebih banyak orang yang akan tahu karena di era modern seperti ini banyak orang yang malas untuk perpanas-panasan mencari makan. Hal itu sangat menguntungkan karena penjual bisa menjual bisninya secara delivery. Namun kekurangan bisnis kuliner,  barang dagangan tidak begitu tahan lama kecuali memang barang yang dipasarkan berupa makanan kering yang tidak mudah basi dan berjamur.

2.Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner
1.Target Pasar
Tentukan target pasar anda secara spesifik. Target pasar adalah acuan merancang stategi pasar. Target pasar meliputi umur, pekerjaan, pendptan, gaya hidup, dan sebagainya. Setelah menentukan target pasar, anda dapat menentukan strategi kedepannya
Contoh saja misalkan kita berencana membuaka usaha kuliner di daerah kampus, maka yang cocok kita jual adalah makanan yang terjangkau dan tempat yang nyaman untuk kalangan mahasiswa seperti warung nasi berkonsep café misalnya. Dengan pasar yang tertarget kita tidak akan kesultan untuk menjual produk kuliner kita.

2.Inovasi.
Semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, anda harus dapat menyiasati hal ini. Inovasi meliputi ra, tampilan atau bentuk, kreaso dalam pembuatan dan cara penyajian. Inovasi juga harus disesuiakan dengan target pasar. 

3.Supplier.
Bahan dasar yang dipakai dalam menggolah makanan sangat mempengaruhi rasa makanan. Utnuk menyediakan bahan dasar, harus  ada pilihan yangbertanggung jawab untuk itu. Dengan adanya bantuan dari supplier maka kualitas ahan dasar makanan anda akan terjamin. Memilih supplier pun harus hati-hati. Pilihlah supplier yang konsisten menjaga kualitasnya

4.Pengetahuan dan Keahlian
Menjadi salah satu pengusaha dalam bisns kuliner, berarti anda harus mempunyai pengetahuan dan keahlian juga dibidang kuliner. Dari pengetahuan dan keahlian inilah nantinya akan mencul ide-ide baru serta inovasi baru. Sehingga menjadikan makanan yang anda ajikan beda dari yang lainnya. Alaupun anda memilih untuk menggunakan juru maak makan atau chef, anda tetap harus mengetahui lebih dalam lagi menggenai bidang bisnis kuliner

5.Jaga Reputasi,
Usaha kuliner yang sanggup bertahan dalam jangka waktu lama adalah yang mampu menjaga reputasi di mata konsumen, sedikit saja mengecewakan mereka akan dapat berakibat buruk kepada reputasi usaha kita. Mulai dari mulai kebersiahn makanan, tempat hingga rasa menu makanan dan pelayanan harus di tetapkan dengan standar operasi yang ketat.

6.Sabar Diawal Usaha
Usaha dibidang kuliber ini akan sedikit membutuhkan waktu pengenalan kepada konsumen terlebih untuk bisnis yang baru dibuka, maka jangan heran jika diawal-awal usaha mungkin terjadi sepi pengunjung. Namun utnuk selanjutnya jika menu maakan kita cocok dilidah konsumen maka akan sangat mudah tersiar kabar kepada konsumen lain.
Maka kesabaran akan sangat dibutuhkanuntuk dapat merintis bidang usaha kuliner ini, terutama bagi pemula yang seringkali buru-buru mengambil keputusan.

3. Contoh Bisnis Kuliner Bermodal kecil
Dibawah ini adalah contoh berapa bisnis kuliner yang bermodal kecil.
1.Membuka Usaha Kedai Kopi
Kopi merupakan minuman favorit sebagaian orang, mulai dari remaja hingga orang dewasa, baik laki-laki mauapun perempuan. Saat ini kopi telah berkembang dan terdapat banyak jenis minuman kopi. Salah satu jenis kopi yang lezat dan unik ialah kopi luwak. Untuk memulai usaha ini di butuhkan modal yang kecil, namun semua tergantung dari besar kecilnya usaha anda.

2.Membua Usaha Jualan Aneka Minuman Dingin
Minuman bersuhu dingin menjadi pilihan banyak orang, banyak sekali contoh minuman dingin seperti ice cream, puding, es teh, es susu dan masih banyak lagi. Untuk target konsumen bisa membidik semua umur sehingga sudah pasti bisnis yang satu ini sangat menjanjikan. Usaha ini sangat cocok di jalanan di siang hari di daerah dengan suhu yang panas.

3.Jualan Aneka Jus
Jus merupakan minuman yang biasanya terbuat dari aneka buah dan sayuran. Untuk memulai usaha ini sangat mudah bahkan anda tidak perlu memiliki ketrampilan khusus. Jus sendiri sangat mudah membuatnya, banyak resep jus yang tersedia di internet. Anda bisa menjual jus di siang hingga sore hari. Karena pada malam hari peminat jus akan berkurang.

4.Jualan Bubur Kacang Hijau
Bubur Kacang Hijau merupakan bubur favorit kebanyak orang, siapa sih yang tidak suka dengan makanan super lezat ini. Selain kandungan gizi yang komplit, membuat bubur kacang hijau cukup mudah. Anda bisa menjual bubur kacang hijau di sekitar kampus, sekolah, pabrik atau bahkan berjualan di pinggir jalan.

5.Usaha Roti Bakar
Roti bakar merupakan ide kreatif yang bisa anda coba. Saat ini banyak orang yang sudah menggeluti bisnis yang satu ini. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil, untuk lokasi berjualan anda bisa menjual di pinggir jalan, kedai, taman dan keramaian.

6.Jualan Aneka Pepes
Pepes merupakan makanan yang biasanya terbuat dari aneka bahan seperti ikan laut yang di bungkus dengan daun pisang dan di panggang di bara api atau di kukus. Pepes merupakan makanan tradisioanl namun bukanlah makanan kampungan, karena saat ini pepes juga di jual di restoran dan warung-warung. Nantinya pepes yang kita jual bisa di kemas dengan kemasan yang menarik agar menarik minat teruatam pecinta pepes.

4.Beberapa Pengusaha Kuliner yang Sukses Dengan Ide Unik
Lima orang pengusaha kuliner yang sukses di bawah ini mungkin dapat memberikan dorongan dan motivasi agar Anda mampu meraih sukses yang sama dengan mereka.

1.Rangga Umara dengan Lele Lela-nya
Rangga Umara pada awalnya tidak memiliki mimpi menjadi orang sukses dari usaha kuliner. Berawal dari gambaran ketakutan membayangkan istrinya diusir karena tidak mampu membayar kontrakan, Rangga mencoba membuka usaha pecel lele dengan nama Lele Lela. Brand ini merupakan singkatan dari Lele Lebih Laku. Melihat sudah banyak rumah makan yang memiliki menu pecel lele,
Rangga mencoba mengemas makanan ini menjadi lebih modern. Ide unik ini ternyata tidak sia-sia belaka karena makanan desa ini mulai disukai banyak orang. Hingga kini usaha yang dirintis sejak tahun 2006 tersebut sudah memiliki 50 outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Tidak hanya itu, Rangga mulai membuka peluang di negara tetangga dengan membuka cabang di Malaysia dan Singapura. Rangga sosok pemuda yang tidak memiliki pekerjaan tetap, kini mampu meraup omset miliaran rupiah perbulannya.

2.Riezka Rahmatiana dengan JustMine-nya
Wanita muda satu ini adalah pendiri dari JustMine, sebuah waralaba yang menjual Pisang Ijo dari Makasar. Riezka yang lahir pada 26 Maret 1986 ini ternyata berasal dari Mataram, Nusa Tenggara Barat. Berangkat dari kecintaannya dengan makanan khas Makasar tersebut, Riezka mendirikan waralaba dengan brand JustMine, yang diilhami dari kata jasmine yang berarti bunga melati.
Bedanya Pisang Ijo yang ada di JustMine dengan yang lainnya adalah varian menu yang begitu beragam. Kini Riezka mampu menghabiskan 500 porsi Pisang Ijo setiap harinya dari satu outlet. Sebelum sukses menjadi pengusaha Pisang Ijo, Rieska pernah menggeluti usaha MLM, penjual pulsa dan juga bekerja di café. Tapi berbekal kemauan yang kuat dia mampu menjadi pengusaha muda yang dikenal banyak orang.

3.Victor Giovan Raihan dengan Teh Kempot-nya
Pengusaha makanan satu ini bisa dikatakan sebagai pengusaha muda terkaya. Dengan usianya yang masih 19 tahun, pria yang akrab disapa Giovan ini mampu meraup untung puluhan juta. Hebatnya lagi, Giovan pada saat menjalankan bisnisnya masih berstatus sebagai pelajar di SMA Negeri 1 Kepanjen.
Teh Kempot hasil ciptaan Giovan ini adalah minuman cepat saji yang terbuat dari susu, cincau, buah dan sinom. Dari bahan-bahan itulah yang akhirnya tercipta teh yogurt yang diminati banyak orang. Kini Giovan sudah menjalankan 11 outlet dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya.

4.Reza Murhaliman dengan Kripik Maicih-nya
Pria yang setelah lulus dari SMA hanya bekerja serabutan ini kini mampu menjadi mahasisa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung dengan biayanya sendiri. Reza mampu membiayai kuliahnya sendiri setelah mampu membuka usaha kripik pedas dengan brand “Maicih”. Awal mula bisnisnya dimulai dari pertemuannya dengan seorang nenek yang memiliki resep membuat kripik pedas.
Dari sana Reza mencoba memasarkan kripik pedas dengan beberapa level itu dengan cara yang unik. Keripik Maicih tidak memiliki toko dan cara berjualannya berpindah-pindah. Tempat jualan untuk hari itu akan diumumkan di akun media sosial Twitter. Dengan trik unik ini, Reza mampu meraup keuntungan miliaran perbulannya.

5.Rizka Wahyu Romadhona dengan Lapis Bogor Sangkuriang-nya
Rizka Wahyu Romadhona memulai bisnis ini setelah dia mengalami kegagalan dala membuka usaha berdagang bakso. Sebelum memilih menjadi pengusaha bakso, pria ini pernah menjadi karyawan di sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka. Merasa bukan dunianya, Rizka Wahyu Romadhona akhirnya keluar dari pekerjaannya dan fokus membangun usaha bakso.
Setelah gagal dari usaha bakso, pria ini mulai mencoba keberutungannya dengan membutat kue lapis Bogor dengan brand Sangkuriang. Kue ini dibuat dengan bahan dasar talas yang berbeda dengan kue lapis lainnya. Dari cara unik inilah yang akhirnya membuat Rizka Wahyu Romadhona mampu meraup omzet hingga miliaran rupiah perbulannya.

REFERENSI ARTIKEL
https://www.maxmanroe.com/5-pengusaha-kuliner-yang-sukses-dengan-ide-unik.html
http://seribupeluang.blogspot.com/2015/05/6-contoh-ide-usaha-makanan-modal-kecil.html
https://infopeluangusaha.org/tips-cara-memulai-usaha-kuliner-untuk-pemula/


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment